Beranda » Blog » 12 Manfaat Sirih Untuk Kesehatan dan Pengobatan Tradisional

12 Manfaat Sirih Untuk Kesehatan dan Pengobatan Tradisional

Diposting pada 19 March 2019 oleh Sentra Herbal / Dilihat: 704 kali

manfaat-sirihManfaat sirih sangat terkenal karena dapat membantu berbagai masalah kesehatan & pengobatan sama baiknya dengan herbal lain. Sirih juga dikenal dengan khasiatnya dalam membantu masalah kewanitaan seperti keputihan dan masalah lainnya.

Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, daun sirih sangat ampuh dalam memerangi berbagai masalah kesehatan.

 

 

 

Kandungan Gizi Sirih

Sifat bahan yang kuratif dan penyembuhan ini, mengandung vitamin seperti vitamin C, tiamin, niacin, riboflavin dan karoten. Ini juga merupakan sumber kalsium yang baik. Sebuah analisis pada daun sirih menunjukkan bahwa daun sirih berisi  6,1% karbohidrat, 3,1% protein, 0,8% lemak, 2,3% mineral dan 2,3% serat per 100 gram. Sejumlah kandungan ini membuat sirih menyimpan sejumlah manfaat seperti berikut :

Manfaat Sirih Untuk Kesehatan

1. Mengatasi Skizofrenia

Pada penelitian awal menunjukkan bahwa perbaikan, pada pasien dengan gejala skizofrenia yang mengkonsumsi sirih, menurut NIH. Obat skizofrenia yang biasa diberikan menghasilkan efek samping yang tidak menyenangkan, memicu upaya lebih lanjut untuk menemukan pengobatan baru. Namun NIH juga mencatat bahwa sirih dapat memberikan efek samping tremor dan kekakuan dalam penelitian skizofrenia.

2. Menjaga Kesehatan Mulut

Sirih memiliki sifat anti bakteri, sehingga membuatnya banyak dimasukkan sebagai bahan pembuatan pasta gigi untuk mencegah gigi berlubang.

3. Mencegah Mulut Kering

Orang pada zaman dahulu sering mengunyah sirih, hal ini sebenarnya cenderung menghasilkan sejumlah besar air liur. Orang yang mengalami masalah dengan mulut yang kering ini, dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan seperti diabetes dan sindrom Sjogren. InteliHealth menjelaskan bahwa sirih dapat menjadi obat yang lebih aman untuk meringankan gejala ini.

4. Antiseptik Alami

Kandungan alami memberikan efek yang baik bagi kesehatan. Karena pada daun sirih terdapat kandungan zat antiseptik yang aktif berperan dmembunuh bakteri. Sifat antiseptik yang dimiliki daun sirih disebabkan dari turunan fenol yaitu kavikol, dimana sifat antiseptiknya 5x lebih efektif bila dibandingkan fenol biasa.

5. Menghilangkan bau badan

Terapi daun sirih ternyata juga mampu menghilangkan bau badan berlebihan. Caranya :

  • Ambil beberapa lembar daun sirih
  • Direbus dengan 2 gelas air
  • Angkat air ketika air sudah berkurang menjadi satu gelas
  • Gunakan untuk mandi setiap hari untuk menghilangkan bau badan

Sirih Sebagai Media Pengobatan

6. Mengobati Gatal

Khasiat daun sirih dapat mengobati gatal-gatal, dengan memanfaatkan air rebusan daun sirih ini.  Caranya :

  • Ambil 15-20 lembar daun sirih, cuci bersih lalu direbus.
  • Air rebusan guanakan daun daun sirih yang masih hangat lalu untuk mandi atau mencuci tangan

7. Pengobatan Luar Luka Bakar

Cara membuat obatnya sangat mudah, ambil beberapa lembar daun sirih, cuci dan peras airnya. Tambahkan sedikit manfaat madu, lalu oleskan pada bagian kulit tubuh yang luka akibat terbakar.

8. Obat Batuk Alami

Daun sirih rebus bisa menjadi obat rumah yang alami untuk mengobati batuk.  Caranya :

  • Siapkan 15 lembar daun sirih
  • cuci bersih kemudian rebus dengan tiga gelas air
  • Rebus terus hingga hanya tersisa ¾ air
  • Minum air rebusan tersebut dengan menambahkan satu sendok madu. Lakukan hingga batuk hilang.

Selain itu daun sirih juga menjaga kesehatan orang yang menderita masalah pernapasan

9. Pengobatan pada mimisan

Mimisan adalah suatu kondisi di mana darah keluar dengan terus-menerus darah dari lubang hidung. 1 lembar daun sirih yang masih agak muda dilumatkan , kemudian gulung sambil ditekan sehingga keluar minyaknya. Gunakan untuk menyumbat hidung, biarkan sampai darah berhenti keluar.

10. Pengobatan pada bisul

Ambil daun sirih secukupnya, kemudian cuci bersih. Tumbuk hingga halus. Bubuhkan kepada bisul dan di balut. Gantilah balutan dua kali sehari.

11. Mengurangi diare

Siapkan 6 lembar daun sirih, 6 biji lada, 1 sendok makan minyak kelapa. Tumbuk semua bahan sampai halus, gunakan sebagai obat gosok pada bagian perut.

12. Pengobatan sariawan

Ambil 2 lembar daun sirih segar dan cuci bersih. Kunyah saja pada mulut sampai lumat. Kemudian buang ampasnya.

Manfaat Sirih Membantu Mengurangi Keputihan

Daun sirih merupakan tanaman tradisional, khas Asia khususnya Asia tenggara. Pohon sirih tumbuh merambat dan menjalar pada tubuh tumbuhan lain. Panjang pohon sirih dapat mencapai 10 sampai 15 meter. Batang pohon sirih berwarna coklat kehijauan, berbentuk bulat, beruas yang merupakan tempat keluarnya akar. Pada beberapa penelitian, menunjukkan manfaat daun sirih ini baik untuk mengatasi masalah kewanitaan seperti keputihan.

Hal ini telah diungkapkan oleh Amir Syarif dari Bagian Farmakologi Universitas Indonesia. Daun sirih ternyata memiliki khasiat yang lebih baik dari pada plasebo. Sekitar 40 pasien yang menderi keputihan dan tidak sedang hamil, penderita gejala penyakit diabetes, ataupun penderitan ginjal dan hati.
Kepada dua puluh orang di antaranya diberikan daun sirih, sedang yang lainnya diberi plasebo. Selama tujuh hari para pasien diberi daun sirih dan plasebo pada vaginanya sebelum tidur. Pengujian ini membuktikan sekitar 90,9 persen pasien yang mendapat daun sirih dinyatakan sembuh, sedangkan pada kelompok yang diberi plasebo hanya 54,5 persen saja. Sumber

12 Manfaat Sirih Untuk Kesehatan dan Pengobatan Tradisional

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

12 Manfaat Sirih Untuk Kesehatan dan Pengobatan Tradisional